Resign Dari Kantor Wajib Pertimbangkan Hal Ini!

Oleh Kontributor SuratPlus - 30/04/2024

SuratPlus – Apakah Anda sedang dalam posisi bingung antara resign dari kantor atau tidak? Hal itu wajar terjadi untuk menentukan masa depan dan karir Anda. Terkadang keputusan harus segera diambil karena waktu yang digunakan untuk berpikir terlalu lama menyebabkan Anda bimbang dan ragu. Namun, bukan berarti Anda harus tergesa-gesa dalam mengambil keputusan tersebut.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam mengambil keputusan sebelum resign dari kantor simak penjelasannya di bawah ini.

Rencana ke Depan Sebelum Resign

Sebelum memutuskan untuk resign dari kantor perlu adanya persiapan sejak awal apa yang ingin dilakukan ke depannya. Sebelum resign harus sudah merencanakan pekerjaan dengan mengingat banyaknya persaingan dan tenaga kerja yang semakin meningkat.

Jangan sampai kesalahan dalam memutuskan untuk resign ini kedepannya akan membuat masalah baru. Apabila sebelumnya telah mendapat banyak tawaran, maka keputusan untuk resign ini harusnya tidak menjadi sebuah hambatan. Namun ketika alasan resign ini dipengaruhi oleh gaji atau karir yang kurang layak, maka Anda juga harus mempersiapkan diri untuk mendapatkan pekerjaan lain yang lebih layak.

Pengalaman yang Dipetik

Memutuskan untuk resign atau meninggalkan pekerjaan dengan alasan tertentu seperti tergiur gaji yang lebih tinggi, pastinya suatu perusahaan akan memilih karyawan yang berdedikasi, totalitas, dan mempunyai semangat yang tinggi.

Apabila ingin memutuskan untuk resign maka ada banyak hal yang harus disadari terlebih dahulu. Misal seperti karir apa saja yang selama ini telah diraih dalam sebuah perusahaan, pengalaman apa yang telah didapat dan dipelajari selama bekerja, Bagaimana peran terhadap perusahaan yang ditempati selama bekerja, dan lain-lain, maka hal-hal inilah yang akan mempengaruhi pada perusahaan selanjutnya yang akan dilamar.

Kemungkinan besar perusahaan- perusahaan sulit untuk menerima para pegawai yang tidak loyal dalam pekerjaannya, apalagi memiliki catatan buruk di perusahaan lama tempat bekerja.

Gaji yang Diperoleh

Tidak jarang alasan Kebanyakan orang resgin dari kantor ini terkait masalah gaji yang diperoleh. Waktunya akan ada satu momen dimana timbul adanya pemikiran yang lebih realistis mengingat kebutuhan hidup yang semakin membengkak.

Masalah finansial mungkin dapat berjalan seiring waktu tetapi tidak akan ada lagi apabila kepuasan finansial itu tidak terpenuhi pada saat bekerja di kantor.

Apabila telah menganggap diri sendiri bekerja lebih keras dan juga memberikan hasil yang maksimal namun posisi masih tidak naik juga, maka saat itu dapat mengambil keputusan untuk resign dari kantor.

Saran dari orang terdekat

Keputusan pasti selalu ada di tangan anda, akan tetapi tidak berarti menolak mendengarkan saran-saran dan masukan dari orang-orang sekitar atau orang terdekat. Orang terdekat mungkin akan memberikan pandangan yang tidak dapat dilihat oleh diri sendiri.

Maka terimalah dan tampunglah pendapat dan saran yang dilontarkan oleh teman-teman terdekat dan saringlah agar dapat mengambil keputusan yang benar dan tepat. Selain itu juga jangan pernah ragu untuk berbagi kebimbangan kepada orang-orang di sekitar yang lebih berpengalaman.

Kesiapan Mental Untuk Resign

Sebelum memutuskan untuk resign dari kantor perlu ada bayangan terkait kondisi dalam peralihan kerja ke depannya. Sehingga anda harus menata niat dari segala aspek yang harus disiapkan untuk ke depannya. Jangan sampai kesalahan untuk memutuskan resign dari kantor ini akan semakin membuat anda terguncang terhadap perubahan yang anda alami nantinya.

Keyakinan

Memutuskan resign dari kantor ini janganlah hanya mengikuti keinginan impulsif saja. Apabila anda sudah membuat keputusan secara matang untuk resign dari kantor, anda dapat langsung membuat surat pengunduran diri di Generator SuratPlus.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri (Resign)

Generator Surat Pengunduran Diri SuratPlus
  1. Buka link berikut: Template surat pengunduran diri
  2. Login terlebih dahulu menggunakan akun Google, Facebook, atau email
  3. Isilah setiap kolom data yang dibutuhkan.
  4. Download surat yang telah dibuat.

Nah, itulah pembahasan tentang hal-hal yang wajib kamu perhatikan dan pertimbangkan sebelum resign dari kantor dan memulai karir yang baru. Semoga semua saran di atas dapat bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan bagi kamu yang ingin resign.

WA Chat CS