Format dan Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Untuk Kantor

Oleh Kontributor SuratPlus - 25/04/2024

SuratPlus – Biasanya saat orang sudah menemukan tempat yang lebih nyaman terutama dalam hal pekerjaan sementara masih berada di kantor lama, maka orang tersebut harus memikirkan cara untuk melakukan pengunduran diri. Adapun cara yang diambil tersebut bisa dengan melampirkan surat pengunduran diri untuk resign.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar serta contoh format suratnya.

Hal yang Harus diperhatikan Saat Membuat Format Surat Pengunduran Diri

Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian saat resign dan membuat surat pengunduran diri. Hal tersebut mencakup dan sangat berpengaruh pada proses pengunduran diri yang akan dilakukan. Berikut hal yang harus kamu perhatikan:

1.Tetapkan Tujuan Logis

Menerangkan alasan harus dengan jelas dan logis untuk tersampaikan pada surat resign ke perusahaan. Hal ini bermaksud untuk member keyakinan pada perusahaan bahwa apa yang menjadi keputusan untuk resign bisa diterima dengan baik. Sehingga alasan memberikan tujuan yang jelas, singkat dan padat harus tercantum pada format surat.

2.Gunakan Kata yang Sopan

Dalam membuat surat resign harus menggunakan format bahasa baku serta sopan. Sehingga terkesan formal dan memberikan citra baik kepada perusahaan yang akan ditinggalkan. Pentingnya menjaga norma kesopanan dalam dunia kerja sama halnya dengan telah menjaga nama baik diri sendiri.

3.Cantumkan Identitas Diri

Berikan informasi data diri pada format dengan mendetail, meliputi nama, alamat, jabatan hingga informasi penting lainnya. Pentingnya pencantuman data diri sebagai identitas yang bisa terlihat oleh perusahaan.

4.Beri Ucapan Terima Kasih

Tuliskan ucapak terima kasih kepada perusahaan tempat bekerja, kepala perusahaan hingga rekan kerja. Ucapan terima kasih ini memiliki fungsi apresiasi kepada semua komponen perusahaan yang selama ini telah bekerjasama dengan baik.

5. Cantumkan Permohonan Maaf

Pada akhir surat harus ada permohonan maaf yang tertulis pada format surat. Tentunya disebabkan karena manusia tidak pernah luput dari kesalahan yang diperbuatnya, sehingga permohonan maaf ini penting.

Contoh Format Surat Pengunduran Diri

Adapun contoh format surat resign yang recommended untuk membuatnya. Perhatikan agar saat membuat format surat tidak mengalami kendala atau kesalahan redaksi.

Kepada
YTh. Pimpinan Pusat
PT Karya Bangsa
Jakarta

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Bambang Susilo ST
Alamat : jalan Nangka. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jabatan : Staff Administrasi
Nomor ID : 1437288927

Dengan surat yang saya berikan ini, tujuan saya yaitu untuk mengajukan permohonan untuk pengunduran diri dari jabatan sebagai staff administrasi di perusahaan bapak. Terhitung sejak tanggal 22 Januari 2021 dikarenakan kontrak sudah berakhir.

Sebelumnya izinkan saya mengucapkan banyak terima kasih kepada perusahaan dan Bapak selaku pimpinan pusat. Dengan sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk bisa berkembang di perusahaan ini. terima kasih atas bimbingan Bapak selama ini baik secara langsung maupun tidak. Tak luput pula saya ucapkan terima kasih banyak kepada rekan kerja yang selama ini berjuang bersama saya untuk mewujdukan target dari perusahaan.

Melalui surat ini juga saya memohon maaf sebesar-besarnya apabila saya selama ini bersikap, berbicara dan bertingkah laku tidak menyenangkan. Semoga perusahaan Bapak ke depannya bisa berkembang lebih baik lagi dan semakin maju.

Demikian surat pengunduran diri saya buat sebagaimana mestinya dan tertulis dalam keadaan sadar serta tanpa paksaan. Atas perhatian, dukungan dan segala kebaikan yang telah diberikan Bapak serta semua karyawan perusahaan kepada saya, saya ucapkan terima kasih banyak.

Hormat saya,
Bambang Susilo ST

Cara mudah membuat Surat Pengunduran Diri

Bagi kamu yang merasa membuat surat itu cukup ribet dan membosankan, kamu bisa langsung mencoba generator surat pengunduran diri dari SuratPlus. Dengan menggunakan generator ini kamu bisa langsung membuat surat tersebut hanya dalam waktu kurang dari 5 menit. Berikut caranya:

  1. Buka link berikut: Template surat pengunduran diri
  2. Login terlebih dahulu menggunakan akun Google, Facebook, atau email
  3. Isilah setiap kolom data yang dibutuhkan.
  4. Download surat yang telah dibuat.

Itulah contoh dari format surat untuk pengunduran diri yang bisa dibuat dan diberikan kepada perusahaan. Tetap ikuti format dan perhatikan hal-hal yang harus sesuai agar surat resign bisa diterima dengan baik oleh perusahaan. Cukup sekian pembahasan kita pada postingna ini, semoga bermanfaat!

WA Chat CS