Cara Ampuh Pinjam Uang Ke Teman Atau Saudara

Oleh Kontributor SuratPlus - 29/04/2024

SuratPlus – Pinjam uang ke saudara ataupun teman itu bukanlah ide yang buruk, akan tetapi sangat berisiko. Mengapa? Sebab hal tersebut bisa membuat hubungan Anda jadi renggang. Bisa menimbulkan sebuah rasa bersalah atau bahkan juga bisa sampai kehilangan kepercayaan. Tentu memang tidak seorang pun ingin langsung berada di posisi seperti ini.

Demi menghindari berbagai hal negatif, memang ada baiknya Anda yang ingin meminjam uang tersebut kepada saudara ataupun teman bisa menerapkan sejumlah tips di bawah ini.

Berikut ini ada beberapa tips untuk meminjam uang ke saudara ataupun teman supaya tidak terlalu merugikan diri sendiri ataupun orang lain. Jadi pakai cara ampuh ini untuk minta pinjaman uang ke teman atau saudara.

Mampu Memberikan Pinjaman

Sebelum melakukan pinjaman hal pertama yang memang harus Anda lakukan yaitu memastikan kalau mereka benar-benar mampu untuk memberi pinjaman. Anda tetap harus tenang dan santai pada saat akan menanyakan tentang hal tersebut. Janganlah Anda membuat suasananya menjadi terlihat canggung. Tentu ini bukan hal yang sangat sulit, apalagi dengan orang yang terdekat.

Jangan terlalu memaksakan diri untuk meminjam uang kepada teman atau saudara yang memang juga lagi kesusahan dalam mengeluarkan uang, hal tersebut hanya akan menimbulkan rasa bersalah bagi mereka karena tidak bisa membantu Anda.

Sampaikan Tujuan Anda Pinjam Uang

Apabila Anda menjelaskan secara singkat akan alasan Anda meminjam bisa membantu mereka untuk melihat seberapa serius permasalahan Anda hingga mengajukan pinjaman. Mereka juga pasti perlu tahu alasan Anda membutuhkan uang tersebut. Sertakan secara detail untuk apa Anda menggunakan uang tersebut.

Misalnya Anda mau membeli rumah atau mau memulai bisnis. Jelaskan waktu untuk pengembalian uang pinjaman tersebut dengan sejelas-jelasnya.

Membayar Hutang Tepat Waktu Dengan Tanda Tangan Perjanjian

Meminjam uang ke suadara ataupun teman, maka godaan yang pasti datang yaitu malas membayar secara tepat waktu. Memang dalam hal ini tidak akan ada skor kredit dikarenakan mereka itu bukan biro kredit. Namun, ada yang memang lebih penting yaitu adanya tanggung jawab serta juga kepercayaan mereka terhadap Anda.

Ada salah satu hal yang bagus yang dapat Anda lakukan yaitu menentukan waktu untuk pembayaran yang telah disesuaikan dengan kondisi peminjam. Disini Anda bisa melakukan sebuah pembayaran setiap minggu, misalnya di hari gajian, ataupun satu bulan sekali. Pilihlah yang terbaik untuk Anda, pastinya jangan sampai bisa merugikan pihak peminjam.

Dalam hal ini ada rekomendasi terbaik juga untuk Anda apabila Anda ingin meminjam uang maka Anda bisa mengunjungi website SuratPlus. Di website ini terdapat surat perjanjian hutang piutang yang dapat membantu Anda agar membayar uang pinjaman dengan lebih tepat waktu, sehingga kedua belah pihak tidak dirugikan.

Jangan Terlalu Banyak Bernegosiasi Saat Pinjam Uang

Satu hal yang harus Anda ingat jangan sampai menerapkan negosiasi ke saudara ataupun teman. Jika Anda merasa kurang dengan nilai nominal yang akan dipinjamkan tersebut. Anda lihatlah pinjaman tersebut memang sebagai bantuan serta juga terimalah dengan cara senang hati. Meskipun untuk jumlah uang tersebut tidak bisa memenuhi akan kebutuhan, tapi setidaknya Anda sudah hampir mendekati sebuah titik terang.

Berusaha Untuk Menjaga Hubungan Secara Baik

Untuk bisa menjaga hubungan baik dengan para pihak peminjam, maka bersikaplah seperti biasa seperti halnya sebelum Anda meminjam uang. Lakukan aktifitas dengan normal, seperti halnya makan malam ataupun liburan semata. Anda mempunyai hutang itu bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan waktu sejenak untuk melakukan hal-hal tersebut untuk bersenang-senang.

Itulah cara ampuh untuk minta pinjaman ke teman ataupun saudara yang bisa Anda ketahui. Dalam hal ini memang ada rekomendasi terbaik untuk Anda apabila Anda ingin meminjam uang maka Anda bisa mengunjungi website SuratPlus untuk membuat surat perjanjian hutang piutang.

WA Chat CS